Rapat Persiapan Penyusutan Arsip OPD


SERANG-  Perkembangan ilmu dan teknologi dan inform asi yang sem akin pesat dewasa ini sangat berpengaruh terhadap kem ajuan organisasi. Informasi adalah kebutuhan yang sangat dibutuhkan oleh setiap instansi, baik itu instansi pemerintah, instansi swasta, ataupun instansi pendidikan. Inform asi yang dibutuhkan oleh instansi-instansi ini terkandung dalam sebuah arsip. Menurut Undang-Undang no 43 Tahun 2009 tentang kearsipan, arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkem bangan teknologi inform asi dan kom unikasi yang dibuat dan diterim a oleh lem baga negara, pem erintahan daerah, lem baga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kem asyarakatan, dan perseorangan dalam pelaksanaan kehidupan berm asyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Arsip akan lahir dengan sendirinya bila aktivitas-aktivitas dalam pelaksanaan fungsi instansi berjalan, maka terlihat kaitan erat antara arsip dengan instansi penciptanya. Peningkatan kegiatan dalam organisasi otom atis m eningkatkan penciptaan dan penerim aan dokum en transaksi dan menjadi indikasi bahwa m eningkat pula arsip yang tercipta. Dengan dem ikian dibutuhkan penyim panan dan pengelolaan yang lebih baik. Penggolongan arsip menurut nilai kegunaannya ini selaras dengan pengertian arsip itu sendiri. Baik pengertian arsip m enurut kam us lembaga adm inistrasi negara, maupun sem inar dokum entasi atau arsip kem entriankem entrian. bahwa arsip adalah segala bentuk rekaman informasi yang disim pan secara sistem atis dan bertujuan, sehingga bila suatu saat diperlukan maka temu kem bali (temu balik) arsip dapat dilakukan dengan tepat dan cepat. Pem eliharaan arsip m erupakan usaha yang dilakukan untuk menjaga arsip dari segala kerusakan dan kem usnahan. Sedangkan pengam anan arsip adalah usaha-usaha yang dilakukan untuk m enjaga arsip-arsip dari kehilangan maupun dari kerusakan.

Kegiatan pem eliharaan dan pengam anan arsip perlu dilakukan oleh suatu organisasi dalam rangka m enjaga arsip-arsip dari segala faktor perusak dan pengam anan secara fisik, agar inform asi yang terkandung di dalam nya tetap terawat sehingga dapat dijadikan bahan bukti dan bahan pertanggungjawaban dari masa lampau ke masa yang akan datang. Kurangnya pem eliharaan arsip akan m em bawa dam pak yang kurang baik bagi organisasi, sebab arsip yang disim pan akan mudah rusak dan penem uan arsip yang dibutuhkan akan m em akan waktu yang lama dan sulit sehingga prinsip efisiensi tidak tercapai. Perangkat Daerah w ajib m enyerahkan Arsip Dinam is kepada Lembaga Kearsipan Daerah. Penyusutan arsip merupakan salah satu sarana penting dalam rangka m engatasi masalah bertum puknya atau bertim bunnya arsip yang tidak m em punyai nilai lagi. Kegiatan penyusutan arsip m erupakan upaya untuk m engurangi jum lah arsip yang tercipta sehingga setiap saat arsip akan m eningkat jum lahnya. 

Berdasarkan latar belakang di atas Dinas Perpustakaan  Dan Kearsipan Provinsi Banten menyelenggarakan Rapat Persiapan Penyusutan Arsip OPD yang  dilaksanakan oleh pejabat dan staf di lingkungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten. Kegiatan Rapat Persiapan Penyusutan Arsip OPD ini didukung oleh 3 Narasumber yaitu 1 ( satu ) orang Pejabat Esselon II dan 1 ( satu ) orang setara Pejabat Esselon III, dan 1 ( satu ) orang Pejabat Esselon III.selama 1 (satu) hari, pada tanggal 27 September 2021, di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten Lantai II di ruang Audiovisual.

Maksud dari Kegiatan Rapat Persiapan Penyusutan OPD adalah sebagai salah satu pelaksanaan program kerja bidang Pengelolaan arsip pada APBD Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten tahun 2021.

T u ju a n 1. Kegiatan Rapat Persiapan Penyusutan OPD yaitu salah satu sarana penting untuk mengatasi masalah bertum puknya atau bertim bunnya arsip yang bernilai guna lagi. Dan arsip - arsip yang tidak berguna lagi perlu dim usnahkan    untuk m emberi kem ungkinan bagi tersedianya tem pat penyim panan dan pem eliharaan. Dengan dem ikian dapat disim pulkan bahwa kegiatan penyusutan di lakukan baik di lingkungan centralfile atau tem pat penyim panan arsip maupun pusat aktif.

2. Untuk mengetahui bagaimanakan cara Penyusutan arsip OPD yang benar dalam penyerahan arsip dalam m enyerahkan arsip bernilai sekunder atau bernilai guna. 3. Untuk mengetahui prosedur - prosedur penyerahan arsip OPD, dalam segi usulan penyerahan arsip dengan melam pirkan daftar arsip yang di serahkan.

 


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Statistik Kunjungan