DPK BANTEN GELAR WORKSHOP PENULISAN DAN FOTOGRAFI


SERANG - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Banten menyelenggarakan Workshop Penulisan dan Fotografi bertempat di Ruang Audio Visual Lantai II DPK Provinsi Banten pada Selasa, 14 September 2021.

Kegiatan yang bertujuan membekali aparatur pemerintah, khususnya aparatur di DPK Provinsi Banten dan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten/ kota agar mampu membuat tulisan dan menggunkan kamera dengan baik, kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Perpustkaan dan Kearsipan Provinsi Banten, Usman Asshiddiqi Qohara. Dalam sambutannya Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini selain untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Aparatur dalam mempublikasikan kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan di DPK seperti kegiatan rapat-rapat, perpustakaan Keliling, Kegiatan Pendampingan Arsip dan lain-lain.  Hal tersebut agar semua kegiatan atau hasil kerja yang ada pada DPK dapat tersosialisasikan dan terkomunikasikan dengan baik kepada masyarakat.

Lebih Lanjut beliau menyampaikan bahwa literasi tidak bisa dilepaskan dalam dunia tulis menulis. Menulis merupakan bagian penting dalam kegemaran membaca, karena tulisan lebih melekat jika dibandingkan dengan ucapan, sedangkan fotografi merupakan aktivitas atau seni mengambil gambar melalui kamera untuk menghasilkan karya seni dan bisa dinikmati oleh diri sendiri atau publik.

" Banten sendiri sebenarnya banyak melahirkan penulis memiliki budaya menulis sejak dulu, maka kegiatan ini salah satu komitmen untuk meneruskan tradisi menulis, selain itu, tulis menulis merupakan salah satu bentuk peninggalan yang akan menjadi buku kearsipan dimasa mendatang ", ujarnya.  

melalui kegiatan ini diharapkan peserta mampu membuat berita, membuat tulisan, serta mampu memiliki keterampilan teknik-teknik fotografi yang baik dan benar, pada kegiatan yang dilakukan oleh masing-masing sehingga tulisan dan foto yang dihasilkan dapat terkomunikasikan dengan baik. Hal ini banyak sekali media yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana sosialisasi kegiatan-kegiatan yang dilakukan. lanjut Kepala Dinas DPK.

" Sosialisasi kegiatan yang dilakukan ini penting kita lakukan bukan saja sekedar sebagai eksistensi sebuah organisasi, tetapi juga bisa mengikis keterbatasan jarak, sehingga apa yang kita lakukan paling tidak mampu menginspirasi masyarakat untuk melakukan hal-hal positif yang bermanfaat bagi kehidupan : ujar Kadis. 

Sementara itu kepala bidang deposit, pengembangan koleksi dan layanan perpustakaan DPK Provinsi Banten, Evi Syaefudin dalam laporannya mengatakan kegiatan ini diikuti peserta dari Dinas perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten/Kota se Provinsi Banten serta aparatur DPK Provinsi Banten, peserta berjumlah 18 orang.

  

"Mengingat acara ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, maka secara keseluruhan proses workshop dilaksanakan dengan Prokes Covid-19 yang ketat, pembatasan peserta serta Peserta wajib memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak satu sama lain".

Dalam kegiatan tersebut menghadirkan 2 orang narasumber dari jurnalis berita dan jurnalis fotografi yaitu M. Satibi dan Krisna Widi Arya. (Tim DPK).

Sumber : https://dpk.bantenprov.go.id/Aktivitas/topic/381


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Statistik Kunjungan