Rapat Persiapan Penataan Arsip Media Baru OPD


           Berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Banten Nomor 4 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Kearsipan, Perangkat Daerah pada dasarnya berkewajiban dalam mengelola arsip dinamis yang diciptakan di lingkungannya masing-masing. Pengelolaan arsip dinamis ini bermuara pada Unit Kearsipan. Dalam melaksanakan kewajiban ini, setiap Unit Kearsipan Perangkat Daerah perlu menciptakan tempat penyimpanan arsip, khususnya arsip dinamis in-aktif, yang sebelumnya telah digunakan dalam penyelenggaraan kegiatan-kegiatan sebagai arsip aktif. Tempat penyimpanan arsip ini disebut record center.

         Kegiatan ini telah dilaksanakan sesuai target Tahun Anggaran 2020 pada 10 Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah ProDalam pelaksanaannya, kegiatan penciptaan arsip tidak hanya menghasilkan arsip-arsip yang berupa dokumen kertas atau yang biasa disebut arsip Media Baru, tetapi juga menghasilkan arsip-arsip dalam bentuk lain dengan media lain seperti foto, sketsa gambar, peta, rekaman audio visual yang tersimpan pada media media baruseperti mikrofilm, hard drive, tape, CD dan sebagainya.

            Arsip yang tersimpan dalam media media baru adalah otentik dan penting bagi tulang punggung manajemen organisasi, karena sesuai dengan definisi arsip menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan yang berbunyi; “Arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi dan informasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara, pemerintahan daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan, dan perseorangan dalam rangka pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara”. Pelaksanaan pemeliharaan arsip ini, yang meliputi penataan dan penyimpanan, berbeda dengan pemeliharaan arsip Media Baru, baik fisik maupun informasi. Teknis penataan arsip ini didasarkan pada penataan arsip media baru, karena bentuk dan medianya yang tidak lagi dengan kertas oleh karena itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Banten selaku Instansi Pembina Kearsipan Daerah mengadakan kegiatan Penataan Teknis Penataan Arsip Media Baru di Record Center OPD Provinsi Banten yang dilaksanakan pada tanggal 13 Februari 2020.

         Maksud kegiatan Rapat Persiapan Penataan Arsip Media Baru OPD adalah dalam rangka menginformasikan tentang pengelolaan record center dan membimbing secara teknis OPD dalam penataan arsip di record center sesuai dengan azas dan sistem tata kearsipan yang mengacu kepada peraturan perundangan yang berlaku serta seiring dengan pencapaian Target RPJMD Provinsi Banten 2017-2022 untuk urusan kearsipan dan Tujuan kegiatan Rapat Persiapan Penataan Arsip Media Baru OPD adalah mengkoordinasikan Pengelola-Pengelola Arsip dalam menghasilkan manajemen arsip dinamis inaktif yang efektif dan efisien di Perangkat-Perangkat Daerah Provinsi Banten, yaitu; tersimpan dan tertatanya arsip aktif maupun inaktif dengan media baru dengan baik dan benar serta mudah untuk ditemukan kembali secara cepat dan tepat.

 


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Statistik Kunjungan