"Menggali Khazanah Budaya Lokal Ke-Bantenan dengan Pengembangan Center of Excellence"


Pada era saat ini sangat sulit kita memperoleh hasil atau karya intelektual bangsa yang khusus memuat tentang muatan lokal sejarah, budaya maupun karya unggulan sebuah daerah sebagai referensi pengetahuan dan penelitian, generasi era sekarang hampir tidak peduli apa yang menjadi sejarah dan budaya bangsa ini.

Melalui Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 dan PP Nomor 24 Tahun 2014 tentang Perpustakaan dan Pelaksanaannya sudah jelas diatur terkait pengelolaan dan pelestarian koleksi nasional merupakan kewajiban pemerintah dan masyarakat.

Pada tgl 09.sd. 11 April 2019 bertempat di Hotel Le Dian Kota Serang, Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Bantren  menyelenggarakan Rapat Kerja Center of Excellence adalah upaya Perpustakaan Daerah yang berada di Pulau Jawa (Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten) dalam menghimpun koleksi (informasi) unggulan budaya lokal yang berada di daerah masing-masing supaya dapat dilestarikan dan dimanfaatkan oleh pemustaka dan masyarakat.

Peserta Rapat Kerja Center of Excellence berjumlah 60 orang yang terdiri dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Se – Pulau Jawa, Dinas Pariwisata, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Banten, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Pariwisata dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten/Kota Se – Provinsi Banten, Perwakilan Perguruan Tinggi di Provinsi Banten, dan Lembaga terkait lainnya.

Maksud dan tujuan dari Center of Excellence tahun 2019 adalah memenuhi kebutuhan pemustaka terhadap informasi tentang budaya-budaya yang ada di wilayah Jawa.

Capaian Kegiatan Pengembangan Center of Excellence dilakukan secara bersama-sama dengan perpustakaan Provinsi Se Jawa untuk mengelola portal Center of Excellence dan Koordinasi dengan PIC (Person In Charge). Kegiatan ini juga diharapkan memberikan wawasan budaya Banten bagi peserta Rapat Kerja.


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Statistik Kunjungan