PENYUSUNAN REGULASI KEARSIPAN TENTANG PEDOMAN SISTEM KLASIFIKASI KEAMANAN DAN AKSES ARSIP DINAMIS


Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Banten mengadakan Kegiatan Penyusunan Regulasi Kearsipan tentang Pedoman Sistem Klasifikasi Keamanan dan Akses Arsip dinamis  dilaksanakan hari kamis tanggal 21 maret 2019, bertempat di lantai 2 gedung Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Banten peserta berjumlah 43 orang, yang terdiri dari pengelola arsip OPD Provinsi Banten.

Sebagaimana amanat pasal 40 undang-undang nomor 43 tahun  2009 tentang kearsipan, pengelola arsip dinamis dilaksanakan untuk menjamin ketersediaan arsip dalam penyelenggaraan kegiatan sebagai bahan akuntabilitas kinerja dan alat bukti yang sah berdasarkan suatu sistem yang memenuhi persyaratan andal, sistematis,utuh,menyeluruh dan sesuai norma,standar,prosedur dan kriteria ( nspk ). Ketersediaan arsip digunakan untuk kegiatan operasional manajemen pencipta arsip dan layanan publik untuk itu diperlukan adanya sistem klasifikasi keamanan dan akses arsip dinamis.Sistem klasifikasi keamanan dan akses arsip dinamis disusun sebagai dasar untuk melindungi hak kewajiban pencipta arsip dan publik terhadap akses arsip. Dalam era keterbukaan seperti saat ini, arsip dinamis pada prinsipnya terbuka dan  dapat diakses oleh publik, kecuali yang dinyatakan tertutup, sebagaimana diatur pada pasal 42 ayat (1) undang-undang nomor 43 tahun 2009 bahwa  ”pencipta arsip wajib menyediakan arsip dinamis bagi pengguna arsip yang berhak.”

Arsip dinamis sebagai salah satu sumber informasi publik adalah bersifat terbuka dan dapat diakses oleh publik sesuai pasal 2 ayat (1) undang-undang nomor 14 tahun 2008 bahwa ”setiap informasi publik bersifat terbuka dan dapat diakses oleh setiap pengguna informasi publik, hal ini sejalan dengan konsideran informasi publik, yang menguraikan bahwa informasi merupakan kebutuhan pokok dan hak asasi manusia, merupakan salah satu ciri penting negara demokratis, dan sekaligus merupakan sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara dan badan publik.

 Maksud Dan Tujuan kegiatan kegiatan penyusunan regulasi kearsipan tentang pedoman sistem klasifikasi keamanan dan akses arsip dinamis  ditujukan untuk :

  1. melindungi fisik dan informasi arsip dinamis dari kerusakan dan kehilangan sehingga kebutuhan akan ketersediaan, keterbacaan, keutuhan, integritas, otentisitas dan reliabilitas arsip tetap dapat terpenuhi.
  2. mengatur akses arsip dinamis yang sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan sehingga dapat dicegah terjadinya penyalahgunaan arsip oleh pihak-pihak yang tidak berhak untuk tujuan dan kepentingan yang tidak sah.;

Twitter


Facebook


Tentang Kami


Statistik Kunjungan