Penataan Teknis Arsip Dinamis Konvensional di Record Center


Penataan Teknis Arsip Dinamis Konvensional di Record Center OPD Provinsi Banten

        Berdasarkan juga UU Nomor 43 Tahun 2009 dan Peraturan Daerah Provinsi Banten Nomor 4 tahun 2014  tentang Penyelenggaraan Kearsipan, Perangkat Daerah pada dasarnya berkewajiban dalam mengelola arsip dinamis yang diciptakan di lingkungannya masing-masing. Pengelolaan arsip dinamis ini bermuara pada Unit Kearsipan. Dalam melaksanakan kewajiban ini, setiap Unit Kearsipan Perangkat Daerah perlu menciptakan tempat penyimpanan arsip, khususnya arsip dinamis inaktif, yang sebelumnya telah digunakan dalam penyelenggaraan kegiatan-kegiatan sebagai arsip aktif. Tempat penyimpanan arsip ini disebut record center.

         Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Provinsi Banten, Seksi Pengeloaan Arsip Dinamis pada Bidang Pengelolaan Arsip setiap bulannya melakukan pendampingan Penataan Teknis Arsip Dinamis Konvensional di Record Center OPD Provinsi Banten, mendiskusikan dan menentukan langkah-langkah yang tepat untuk memfungsikan record center dengan baik, dan menyelenggarakannya bagi Perangkat Daerah yang belum sepenuhnya memilikinya. 

Maksud kegiatan Penataan Teknis Arsip Dinamis Konvensional di Record Center OPD Provinsi Banten adalah dalam rangka menginformasikan tentang pengelolaan record center dan membimbing secara teknis OPD dalam penataan arsip di record center sesuai dengan azas dan sistem tata kearsipan yang mengacu kepada peraturan perundangan yang berlaku serta seiring dengan pencapaian Target RPJMD Provinsi Banten 2018-2022 untuk urusan kearsipan.

Tujuan kegiatan Penataan Teknis Arsip Dinamis Konvensional di Record Center OPD Provinsi Banten adalah mengkoordinasikan Pengelola-Pengelola Arsip dalam menghasilkan manajemen arsip dinamis inaktif yang efektif dan efisien di Perangkat-Perangkat Daerah Provinsi Banten, yaitu; tersimpan dan tertatanya arsip aktif maupun inaktif dengan baik dan benar serta mudah untuk ditemukan kembali secara cepat dan tepat.

 

 


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Statistik Kunjungan