Pendampingan Implementasi SIKD OPD Provinsi Banten


Berdasarkan Peraturan daerah Provinsi Banten Nomor 4 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Kearsipan, Perangkat daerah pada dasarnya berkewajiban dalam mengelola arsip dinamis yang diciptakan di lingkungannya masing-masing.

Pengelola arsip dinamis ini bermuara pada Unit Kearsipan Perangkat Daerah perlu menciptakan tempat penyimpanan arsip, khususnya arsip dinamis, yang sebelumnya telah digunakan dalam penyelenggaraan kegiatan-kegiatan sebagai arsip aktif.

Pengelolaan arsip dinamis secara manual terkadang memiliki kelemahan dimana akses untuk menemukan kembali, pengelola Arsip atau pengguna arsip perlu mencari secara fisik, hal ini memungkinkan tidak teraksesnya ketika pengguna arsip tidak berada di sekitar lokasi penyimpanan arsip.

Berdasarkan latar belakang di atas, Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Banten mengimplementasikan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) yang telah diciptakan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), sebagai Lembaga Kearsipan daerah (LKD) berkewajiban untuk melakukan pembinaan dalam penerapan sistem informasi ini kepada seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten melalui Kegiatan Pendampingan Implementasi SIKD ke  OPD Provinsi Banten.

Maksud dan Tujuan implementasi ini untuk mempermudah pekerjaan pengelolaan arsip dinamis melalui teknologi informasi dan bertujuan membimbing pengelola-pengelola Arsipnya dalam melakukan pengelolaan arsip dinamis inaktif yang efektif dan efesien, yaitu : tersimpan dan tertatanya arsip aktif maupun inaktif dengan baik dan benar serta mudah ditemukan kembali secara cepat dan tepat.

 


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Statistik Kunjungan