RAPAT PERSIAPAN PENDAMPINGAN TEKNIS IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI KEARSIPAN DINAMIS (SIKD) OPD PROVINSI BANTEN


RAPAT PERSIAPAN PENDAMPINGAN TEKNIS IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI KEARSIPAN DINAMIS (SIKD)

OPD PROVINSI BANTEN

 

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten sebagai Lembaga Kearsipan Daerah, memilki tugas untuk membina instansi-instansi publik maupun swasta di provinsi Banten. Di antara instansi-instansi tersebut, yang menjadi sasaran utama adalah Perangkat Daerah.

Agenda penting dalam pembinaan kearsipan Perangkat Daerah provinsi Banten adalah pengelolaan arsip dinamis yang merupakan sumber sekaligus penyokong program-program daerah yang dilaksanakan secara teknis oleh Perangkat Daerah tersebut.

Berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Banten Nomor 4 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Kearsipan, Perangkat Daerah pada dasarnya berkewajiban dalam mengelola arsip dinamis yang diciptakan di lingkungannya masing-masing. Pengelolaan arsip dinamis ini bermuara pada Unit Kearsipan. Pelaksanaan pemeliharaan arsip ini, yang meliputi penataan dan penyimpanan, berbeda dengan pemeliharaan arsip konvensional, baik fisik maupun informasi. Teknis penataan arsip ini didasarkan pada penataan arsip media baru, karena bentuk dan medianya yang tidak lagi dengan kertas.

Seiring dengan kemajuan teknologi, pengelolaan arsip dinamis kini berkembang. Dalam melakukan penataan informasi arsip sekarang dibantu dengan aplikasi yang diprakarsai oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), yang bernama Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD). SIKD ini telah disosialisasikan ke seluruh jajaran pemerintahan, baik pusat maupun daerah, dan diharapkan OPD dapat mengimplementasikannya pada unit kearsipannya masing-masing.

Oleh karena itu, selaku Instansi Pembina Kearsipan Daerah, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Banten mengadakan kegiatan Pendampingan Teknis Implementasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) OPD Provinsi Banten.

Sebelum kegiatan tersebut dilaksanakan, DPK  menyelenggarakan Rapat Persiapan yang bertujuan untuk melihat dan mendiskusikan pengelolaan arsip dinamis di masing-masing lingkungan OPD Provinsi Banten. Dengan rapat persiapan ini, 10 OPD yang akan menjadi tempat pelaksanaan kegiatan ini ditentukan dan dapat mempersiapkan kerja samanya dengan pihak DPK. Kegiatan ini telah dilaksanakan sesuai target Tahun Anggaran 2018 pada 10 Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten. Dengan rapat persiapan ini diskusi lebih lanjut tentang masalah-masalah yang terkait dengan penataan arsip dinamis dapat dilakukan, agar pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan baik.

Kegiatan Rapat Persiapan Pendampingan Teknis Implementasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) OPD Provinsi Banten dilaksanakan selama 1 (satu) hari, tanggal 11 April 2018, bertempat di Aula Lantai II DPK Provinsi Banten JL. Raya Jakarta – Serang, Km. 4. Pakupatan Serang – Banten.

Peserta kegiatan Rapat Persiapan Pendampingan Teknis Implementasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) OPD Provinsi Banten berjumlah 22 orang dari Perangkat-Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten.


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Statistik Kunjungan