MEDIA EDUKASI “MELALUI ARSIP FILM DOKUMENTER”


MEDIA EDUKASI “MELALUI ARSIP FILM DOKUMENTER”

 

Oleh : Ardiyus, S.Sos

 

Arsip merupakan salah satu sumber informasi yang sangat penting baik untuk kepentingan individu dan kegiatan administratif pemerintah maupun swasta. Arsip juga dapat dijadikan sebagai sumber informasi dalam mengambil keputusan dan bukti eksistensi instansi. Arsip juga berperan penting sebagai khasanah budaya bangsa. Berdasarkan hal tersebut arsip perlu dikelola dan dilestarikan untuk menyelamatkan fisik dan informasinya agar dapat digunakan bagi generasi berikutnya.

Dalam perkembangannya arsip dibedakan menjadi dua yaitu arsip tekstual dan non tekstual. Arsip non tekstual terdiri dari berbagai macam, salah satunya arsip film. Arsip film adalah arsip yang isi informasinya berupa citra bergerak (moving image), terekam dalam rangkaian gambar fotografik dan suara pada bahan dasar film, yang penciptaannya menggunakan rancangan teknis dan artistik dengan peralatan khusus (Suhardi, Daryan, 1998: 15). Arsip film adalah arsip yang dapat dilihat dan didengar, serta informasinya berupa gambar bergerak, yang terekam dalam suatu rangkaian dan penciptaannya menggunakan media teknologi pada saat arsip tersebut diciptakan (Peraturan Mendikbud Nomor 60 tahun 2012).

Melalui film dapat menunjukkan sebuah peristiwa yang sejaman, sehingga dapat mengetahui tingkat-tingkat peradaban bangsa.

Film mengandung pesan yang dapat disalurkan kepada masyarakat, untuk itu film dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran dan upaya pelestarian sejarah. Pesan yang terkandung melalui film dapat mempermudah masyarakat untuk mengetahui suatu informasi. Melihat banyak kelebihan dari film, maka film dapat dijadikan suatu media yang baik bagi masyarakat.

Arsip merupakan sumber informasi yang dapat digunakan sebagai media pendidikan. Salah satu metode penyajian informasi arsip agar menjadi lebih menarik yaitu dengan cara dikemas menjadi sebuah film dokumenter. Menyajikan informasi arsip menjadi informasi yang lebih menarik merupakan tantangan bagi arsiparis. Penelitian ini memberikan gambaran bagaimana proses mengemas ulang informasi arsip menjadi sebuah film dokumenter.

Tujuannya adalah menyajikan informasi arsip agar lebih menarik, lebih hidup, bisa digunakan untuk mendukung dan menyampaikan contoh serpihan sejarah, sebagai pendidikan karakter bagi masyarakat, sebagai materi pembelajaran/media edukasi bagi para pelajar, mendokumentasikan dan menyelamatkan informasi arsip yang tersimpan di Lembaga Kearsipan maupun yang masih tersimpan di memori ingatan para tokoh-tokoh sebagai pelaku sejarah yang masih hidup dengan cara diwawancarai sebagai narasumber sehingga semua informasi tersebut bisa bermanfaat bagi pelajar dan masyarakat pada umumnya. Kegiatan inovasi kemas ulang informasi arsip menjadi sebuah film dokumenter merupakan cara yang efektif untuk sosialisasi dan penyebaran informasi kepada masyarakat luas.

Arsip film dokumenter memiliki nilai sejarah. Informasi yang terkandung di dalam arsip film mempunyai arti yang sangat penting. Penyampaian informasi arsip film dilakukan melalui pameran arsip dan wisata arsip.

 


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Statistik Kunjungan